15 Tanaman Hias Gantung yang Paling Dicari Orang

Mempunyai taman minimalis yang indah nan sejuk, menjadi impian semua orang untuk menjadikan pemandangan dikala jenuh dan stress. Namun keinginan tersebut biasa sering terhambat oleh mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Tapi tidak usah khawatir karena di sini akan mimin rekomendasikan tanaman hias gantung murah namun indah.

Tanaman Hias Gantung

Tak hanya warna dan daunnya yang indah. Namun dengan adanya tanaman gantung di area sekitar rumah kita akan menjadikan lingkungan yang lebih terlihat alami. Satu hal yang jarang orang sadari ketika membuat taman minimalis, dengan menggunakan tanaman gantung. Yaitu dapat mendatangkan kupu-kupu yang memperindah suasana.

Nah, para kaum rebahaners, jika kalian suka berkreasi, bisa dicoba nih untuk membuat taman yang indah dengan menambahkan tanaman hias. Berikut adalah rincian secara detail mengenai tanaman hias outdoor dan indoor gantung.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Hobi menanam bunga di rumah atau di halaman memang menjadi hobi banyak orang. Model dan jenis yang mereka tanam, setiap masing-masing orang pun juga berbeda-beda. Mulai dari tanaman hias rambat, bunga, bibit buah, tanaman gantung dan masih banyak lagi.

Jenis tanaman gantung yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis berdasarkan peletakannya. Berikut adalah jenis tanaman menurut penanaman dan peletakannya.

Tanaman Hias Outdoor dan Indoor

Secara makna sudah sangat jelas sekali. Diambil dari kata out (Inggris) yang artinya keluar. Jadi dapat kita simpulkan, tanaman ini merupakan tanaman yang ditanam di luar rumah. Banyak sekali tanaman luar rumah yang bisa kita tanam.

Sedangkan indoor sendiri kebalikan dari outdoor yang mempunyai makna di dalam ruangan. Agak sedikit berbeda dengan jenis yang bisa di tanam di luar ruangan. Karena tidak banyak tumbuhan yang dapat hidup tanpa sinar matahari.

Berikut adalah 15 tanaman hias gantung luar dan dalam rumah yang sangat recomended buat kalian, dijamin puas dengan hasilnya.

1. Petunia

Tanaman Hias Gantung

Merupakan satu genus tumbuhan yang berbunga. Bunga yang dihasilkan dari tanaman ini berbentuk terompet berwarna ungu kemerah mudaan. Habitat asli tumbuhan ini sebenarnya berasal dari Afrika Selatan.

Untuk ciri fisiknya sendiri, mempunyai tinggi sekitar 16-30 cm. Pada bagian bunganya ada yang bermahkota tunggal dan ada pula yang bermahkota ganda. Tinggi pertumbuhan tanaman ini maksimal bisa mencapai 40 cm dan mempunyai cabang yang banyak. Namun sayang, cabang yang banyak tersebut sangat lah lemah.

Masih berbicara tentang ciri fisik, dikarenakan cabang nya yang lemah maka tidak bisa tumbuh dengan tegak. Daun-daunnya saling berhadapan, terdapat bulu-bulu halus juga. Tangkainya tergolong tangkai yang pendek dengan panjang 5-10 cm dan lebar 4-6 cm.

Akan tumbuh subur di tempat yang cukup air dan sinar matahari yang cukup. Dengan ini, dapat kita ketahui kalau petunia lebih cocok ditanam di luar rumah.

2. Bunga Begonia

Tanaman Hias Gantung

Termasuk dalam keluarga Begoniaceae dan satu-satunya anggota keluarga yang lain adalah bunga Hillebrandia. Memiliki habitat asli dari Kepulauan Hawai. Nama begonia sendiri merupakan nama umum dari anggota genus.

Banyak dicari orang untuk diincar keunikannya, membuat tumbuhan ini laris di pasar dagang Indonesia. Apalagi yang kurang dari dari tanaman ini, cantik iya, indah apalagi, mudah perawatannya juga iya, menambah nilai estetika juga masuk. Nah, buat kalian yang mau cari tanaman gantung, mimin saranin tanaman ini kawan.

Jenis-jenis bunga begonia:

  • Begonia Rex
  • Rhizomatous
  • Begonia Cane
  • Shrubs
  • Thick Stemmed Begonia
  • Begonia Lilin (Semperflorens)
  • Tuberous Begonia

Untuk perawatannya cukup dengan beberapa hal. Seperti penyiraman yang rutin, asupan cahaya yang cukup, tak lupa memberinya pupuk, menyiangi atau perawatan dari hama dan gulma.

3. Tanaman Hias Anggrek Gantung

Tanaman Anggrek Gantung

Berasal dari bahasa Latin Orchidaceae yang sudah sangat tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Menjadi tanaman favorit masyarakat kita, sangat cocok untuk menghiasi rumah dalam berbagai suasana. Di negara kita saja terdapat ratusan jenis anggrek yang menyebar di seluruh Nusantara.

Ciri fisik anggrek yaitu mempunyai daun yang berbentuk oval, dengan arah memanjang bersama tulang daun yang memanjang pula. Sangat khas dengan daun monokotilnya. Tersusun majemuk dan muncul dari tangkai bunga yang arahnya memanjang.

Batangnya sendiri beruas-ruas, anggrek yang hidup di tanah biasanya memiliki tinggi yang cenderung lebih pendek. Berikut beberapa jenis anggrek yang umum di Indonesia.

  • Anggrek Bulan
  • Kasut Kumis
  • Anggrek Kebutan
  • Anggrek Sendok
  • Bulan Bintang
  • Kerlip
  • Anggrek Jamrud
  • Hartinah
  • Jingga
  • Anggrek Ki Aksara
  • Anggrek Larat dan masih banyak lagi.

4. Bunga Geranium

Tanaman yang asli dari Afrika Selatan ini merupakan salah satu dari 300 spesies tumbuhan semak yang termasuk dalam golongan keluarga Geraniaceae. Warna putih, merah muda, merah dan ungu merupakan ciri warna khas tanaman ini.

Karena memiliki aroma yang sangat harum, bunga ini banyak sekali diolah menjadi bahan dasar minyak wangi. Minyak ini biasanya dikenal dengan sebutan minyak geranium. Warna minyak geranium berwarna kuning pucat kecoklat-coklatan. Atau ada juga yang berwarna agak hijau dan memiliki aroma seperti mawar.

Tak hanya digunakan untuk minyak wangi saja, banyak juga yang diolah menjadi sabun dan salep. Nah ayo buruan tanam di halaman rumah kita.

5. Japanese Wisteria

Bunga Wisteria merupakan bunga yang berasal dari negara 4 musim seperti China, Jepang, Amerika Serikat, dan Korea. Bisa merambat dengan sangat panjang, bunga yang dihasilkan juga sangat berwarna warni. Biasanya terdiri warna pink, putih, ungu, dan biru.

Tumbuhan ini hanya akan berbunga saat musim semi dan musim panas. Karena memiliki sifat yang merambat yang cenderung naik, seringkali membuat jenis tanaman ini ditanam dengan cara digantung.

6. Heartleaf Philodendron

Tanaman hias yang memiliki warna hijau zamrud dan berbentuk seperti hati ini berasal dari daerah kecil bagian Brazil. Perawatan yang sangat mudah membuat tanaman hias ini juga menjadi sasaran banyak orang. Tak seperti tanaman lain yang harus pada suhu tertentu, tanaman ini tahan terhadap berbagai kondisi.

Walaupun daunnya indah berbentuk hati, namun daunnya sangat beracun bagi manusia dan beberapa hewan jika tertelan. Untuk perawatan, yang kita perlu perhatikan hanya cahaya matahari, kebutuhan air, media tanam, pemupukan, dan pemangkasan.

7. Bunga Lipstik Merah

Tampilan bunga ini sangat menarik sekali kawan. Tanaman ini pada dasarnya, merupakan tanaman liar. Namun sekarang malah sudah tersebar di seluruh dunia, dan menjadi tanaman hias yang dibudidayakan untuk dijadikan tanaman hias indoor. Memiliki 180 spesies bunga lipstik yang tersebar di Asia.

Pada umumnya, bunga ini menyukai kondisi lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi. Namun harus dengan cahaya matahari sedikit. Akarnya menempel pada batangnya dan sangat kuat sekali.

8.  Tanaman Hias Gantung Million Bells

Mempunyai nama latin calibrachoa dan masih termasuk dalam keluarga bunga petunia. Keunggulan bunga ini tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya tetap mekar biar kelihatan indah. Yaitu cukup dengan menaburkan pupuk dan tanah yang berair. Tidak jauh beda dengan proses perawatan tanaman bonsai.

9. Tanaman Hias Gantung Hoya Carnosa

Tanaman Hias Gantung

Disebut sebagai Tanaman Tali Hindu karena memiliki daun yang berlilit seperti tali. Sangat unik bukan? Jenis-jenisnya juga sangat unik karena mempunyai kelopak daun yang melengkung dan tebal. Tebal dan dan bertekstur licin seperti lilin juga menjadi ciri khususnya.

Aroma yang dihasilkan menyerupai aroma coklat. Tumbuhan ini sangat mudah untuk dirawat terutama di Indonesia dengan suhu temperatur yang panas namun agak lembab. Letakkan tanaman ini di tempat yang secara tidak langsung. Dan pastikan juga tanahnya harus selalu lembab. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Tradescantia

Lanjut lagi yang ke-10 kawan yaitu Tradescantia atau biasa disebut dengan sebutan “Hati ungu” dari namanya sudah bisa menunjukkan ciri fisiknya. Mempunyai daun yang berwarna ungu keemasan dan warna biru indigo, putih, dan pink.

Tapi, apakah kalian tahu kalau ternyata bunga ini memiliki makna tertentu? Tradescantia dikenal sebagai simbol imortal atau kehidupan. Karena, tumbuhan ini dapat hidup di bawah temperatur -7 derajat celcius. Santai, nggak usah khawatir karena tanaman ini berasal dari daerah tropis. Jadi tetap akan hidup walaupun di segala cuaca seperti Indonesia.

11. Tanaman Hias Gantung Ekor Kucing

Tanaman Hias Gantung

Tanaman yang satu ini paling recomended untuk dipelihara deh. Selain unik dan indah, tumbuhan ini dapat sekaligus menjadi obat herbal untuk menyembuhkan luka. Berasal dari Hindia Barat, tumbuhan ini memiliki nama latin Acalypha hispida Burm. 

Sudah sesuai dengan namanya, bahwa tanaman ini memiliki bunga yang bentuknya seperti ekor kucing yang berwarna merah. Bagian dari tumbuhan ini yang bisa dijadikan obat adalah bagian daun dan bunganya. Beberapa manfaat bunga ekor kucing yakni:

  • Dapat mengatasi penyakit disentri
  • Sebagai obat radang usus
  • Mengatasi perut mual
  • Mimisan
  • Muntah
  • Mengatasi buang air besar

Sedangkan manfaat dari daunnya yaitu:

  • Mengobati bekas luka di kulit
  • Luka pada kulit
  • Vitiligo
  • Obat disentri
  • Batuk berdarah
  • Sariawan dan lainnya

12. Tanaman Hias Gantung Sirih (Piper betle)

Ini dia tanaman asli yang berasal dari Indonesia kawan. Sirih merupakan tanaman asli indonesia yang tersebar luas di berbagai tempat di negara kita. Di Indonesia, sirih merupakan tanaman khas daerah Kepulauan Riau. Masyarakat di sana sangat menjunjung tinggi kebudayaan makan sirih.

Ciri khusus yang dimiliki tanaman ini yaitu merambat dan memiliki tinggi yang bisa mencapai 15 m. Batangnya berwarna coklat dan berbentuk bulat, beruas, dan merupakan tempat keluarnya akar sirih.

Kandungan dan manfaat sirih sangat banyak, minyak atsiri dari daun ini mengandung minyak terbang. Selain itu juga mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kaviko. Hal tersebut bertujuan agar memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, anti jamur dan fungisida.

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat:

  1. Batuk
  2. Sariawan
  3. Jerawat
  4. Bau mulut
  5. Bronchitis
  6. Sakit gigi berlubang
  7. Radang tenggorokan
  8. Haid tak teratur
  9. Bau ketiak
  10. Membersihkan mata
  11. Demam berdarah
  12. Asma
  13. Keputihan
  14. Gusi bengkak dan lainnya

13. Tanaman Hias Gantung Baby Tears

Termasuk jenis tanaman hias yang sangat mudah perawatannya. Cukup dengan meletakkan di dalam ruangan dengan keadaan voila and low light. Dengan begitu, tanaman ini akan tetap tumbuh subur. Ciri fisiknya yakni mempunyai daun yang bulat dan kecil sangat cocok untuk hiasan dalam ruangan.

14. Flame of Irian

Tanaman Hias Gantung
Tanaman Hias Gantung Flame Of Irian (Grid.ID)

Tanaman hias gantung ini lebih cocok jika ditanam di luar rumah. Dan akan cocok lagi jika kita rambatkan di kanopi kebun kita. Dikenal dengan sebutan lain kuku macan, sesuai dengan namanya tanaman ini berasal dari Irian.

15. Ceguk/wudani (Quisqualis indica)

Sumber Wikipedia

Hampir sama dengan Flame Of Irian jenis ini juga tumbuh dengan merambat. Unik dan indah jika di pandang, dan dipercaya masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional. Biasanya digunakan untuk obat ceguk.

Tanaman Rambat

Sedikit pengertian dari tanaman rambat. Tidak mau kalah dengan kedua jenis yang kita sebutkan di atas, tanaman rambat juga mempunyai banyak sekali varian-varian nya. Tergantung pada jenisnya pula. Ada yang berbunga dan ada juga yang tidak berbunga.

Nah dari ke-15 tanaman hias gantung di atas, manakah yang paling indah menurut kalian? Bisa tinggalkan komen di kolom komentar ya kawan.

Matursuwun 🙂

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Master Taman Saya Mau Pesan