Jenis Rumput Taman untuk Hiasan Halaman Rumah

Jenis Rumput Taman Paling Bagus

Jenis jenis rumput taman – Artikel ini ditulis oleh tim Mastertaman.com. Yang mana tujuannya adalah untuk sharing content dan berbagi pengalaman dalam mengelola sebuah rumah dan taman, agar rumah yang kita tempati bisa terlihat indah dan membuat kita nyaman.

Baik, langsung saja dan jangan lupa baca tulisan ini sampai selesai ya. Agar kalian semua bisa memahami secara maksimal.

Pada konten ini, penulis akan memberikan penjelasan tentang macam-macam rumput. Selain menjelaskan jenis-jenis rumput, penulis juga akan menjelaskan tentang bagaimana cara menanamnya sehingga kita tahu rumput taman yang paling bagus itu seperti apa.

Jika di halaman rumah kalian masih terdapat lahan kosong, namun tidak diurus, itu sangat disayangkan atau eman-eman. 

Kalian bisa memanfaatkan lahan itu dengan menciptakan sebuah taman mini. namun, sebelum membuat taman mini kalian juga harus memahami terlebih dahulu jenis jenis rumput taman.

fahami. Bagaimana saja jenis rumput yang bagus, supaya bisa menambah kecantikan dan keindahan penampilan halaman rumah kalian.

Apa Saja Jenis Rumput Taman yang Paling Bagus?

Seperti apa sih jenis rumput taman yang paling bagus untuk halaman rumah atau taman outdoor? Dan seperti apa  yang bisa kuat diinjak? Begitulah kira kira pertanyaannya.

Perlu kalian ketahui, di Indonesia sangat banyak sekali macam macam rumput, namun tidak semuanya bisa dijadikan tanaman hias. Hanya ada beberapa jenis rumput saja yang bisa dijadikan hiasan taman mini atau halaman rumah.

langsung saja, kita kenalkan satu persatu jenis jenis rumput hias.

Jenis Rumput Taman Gajah Mini

Jenis Rumput Taman

Rumput gajah mini, jenis rumput ini adalah varian jenis rumput yang biasa digunakan oleh team Master Taman dalam melayani pemasangan atau pembuatan taman minimalis atau taman taman besar di kota.

Karena ukuranya yang cocok dan pas untuk dijadikan alas taman, rumput gajah mini juga cocok digunakan untuk bermain anak-anak. Namun, meskipun demikian rumput jenis ini tetap bisa tumbuh dengan normal. Keren kan?

Banyak sekali keunggulan rumput gajah mini ini. Jenis rumput ini mempunyai karakter  yang sangat unik, yaitu terdapat pada pola pertumbuhannya yang berbeda dengan rumput rumput pada umumnya.

Rumput jenis ini tumbuh menyamping, ukuran daun yang tidak terlalu tinggi dan lebih suka merayap ke samping. Sehingga rumput ini tidak perlu ada pemangkasan rutin.

Tidak sedikit para kontraktor kontraktor atau pekerja taman yang memilih rumput gajah mini ini untuk dijadikan rumput favorit, karena tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan dan tahan dengan cuaca apapun. Selain itu, rumput ini juga harganya sangat terjangkau.

Rumput Gajah Mini Varigata

Jenis Rumput Taman

Rumput gajah mini putih atau rumput gajah mini varigata, secara Karakteristik, rumput gajah putih ini juga memiliki kesamaan, baik dari ketahanannya terhadap cuaca, jenis ini juga sangat minim perawatannya.

Selain memiliki kesamaaan ukuran dengan rumput gajah yang biasa, rumput jenisini ada juga perbedaannya, yaitu terdapat corak garis garis putih pada daunnya, sehingga wajar kalau harganya lebih diatas rumput gajah biasa.

Jenis Rumput Taman Gajah Besar

Jenis Rumput Taman

Jenis rumput taman yang ketiga ini masih satu jenis dengan rumput yang pertama dan kedua. Sesuai dengan namanya, rumput jenis ini terlihat sedikit lebih besar kalau dibandingkan dengan rumput yang sudah dibahas di atas.

Dengan ukurannya yang lebih besar, menjadikan jenis rumput ini bisa lebih kuat dan bertahan ketika terkena injakan. cara perawatannya juga sama dengan yang lain, kalian tidak perlu sering sering untuk menyiramnya.

Rumput jenis ini sangat cocok bila dijadikan lapangan olah raga atau hiasan  halaman rumah. Bahkan kerap juga ditanam di lapangan bola.

Meskipun memiliki ukuran yang agak besar, harga jenis rumput gajah besar ini juga masih tetap terjangkau.

Rumput Manila

Jenis Rumput Taman

Rumput manila adalah jenis rumput yang berbeda dengan rumput gajah. Jenis ini biasanya digunakan bukan untuk taman, namun banyak digunakan untuk lapangan sepak bola.

Ini juga bisa dikatakan sebagai jenis rumput yang terbaik karena memiliki corak warna hijau yang pekat dan memiliki elastisitas lebih baik dibandingkan dengan jenis yang lain.

Rumput manila memiliki ketahanan injakan lebih kuat dibandingkan rumput gajah. Namun, cara perawatan rumput jenis manila ini juga harus khusus dan telaten, harus sering sering dipangkas, diberi pupuk, dan menyiramnya secara rutin.

Kelebihan yang lain dari rumput jenis ini adalah, ia dapat tumbuh bukan hanya pada tanah saja, ia juga bisa tumbuh di tanah berpasir yang sangat baik untuk pengendalian erosi.

Bagi kalian yang menginginkan rumput jenis ini untuk dijadikan hiasan di pekarangan atau di halaman rumah, tinggal siapkan saja budgetnya. harga rumput ini tidak mahal ko, paling ya di atas harga rumput gajah.

Jenis Rumput Taman Jepang

Jenis Rumput Taman

Jenis rumput ini adalah rumput jepang, tapi jangan kalian kira kalau rumput jenis ini adalah rumput yang berasal dari negeri sakura. Rumput ini juga tidak ada kaitannya dengan negara jepang.

Rumput jepang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jenis rumput yang sudah dibahas sebelumnya. Jenis ini memiliki tekstur atau bentuk yang meruncing dan tipis, sehingga mempunyai keunikan tersendiri.

Bentuknya yang runcing dan tipis, menjadikan rumput jenis ini banyak diminati oleh orang orang, karena terlihat lebih rata, rapat, dan halus. Sehingga rumput jenis ini sangat cocok bila ditanam dihalaman rumah kalian.

Namun, karena bentuknya yang meruncing, rumput ini bila dibuat untuk alas duduk, mungkin kalian tidak merasa nyaman, karena akan terasa seperti ditusuk tusuk jarum.

Untuk perawatanya, kalian hanya cukup memangkas rutin satu bulan sekali saja, dan diberi pupun dua kali dalam satu bulan. Dan jangan lupa untuk disiram kalau rumputnya kepanasan.

Rumput Peking

Jenis Rumput Taman

Bila dilihat secara sekilas, rumput peking hampir tidak ada bedanya dengan rumput jepang, karena bentuknya yang runcing dan rapi. Rumput jenis ini jarang tumbuh kalau dibandingkan dengan rumput jepang, karena untuk perawatan jenis rumput ini harus telaten.

Jika tidak dirawat secara rutin dan telaten, biasanya akan tumbuh menjadi lebat, dan di pangkal rumput ini akan menguning karena tidak terkena sinar matahari.

Maka, jenis rumput ini kurang cocok bila ditanam di tempat yang sering terkena injakan manusia. Namun sangat bagus bila ditanam di tempat yang tidak terkena injakan manusia.

Rumput Swiss

Jensi Rmput Taman

Siapa yang tidak kepingin di halaman rumahnya tumbuh jenis rumput seperti ini, Tampilannya yang sangat cantik, rapi dan mempesona, menjadikan rumput jenis ini tidak sedikit yang ingin menanamnya untuk dijadikan hiasan di pekarangan rumah.

jika kalian juga termasuk orang yang menginginkan rumput jenis ini, kalian harus siapkan budget yang ekstra, karena rumput jenis ini tergolong rumput yang mahal.

Cara merawat jenis rumput swiss ini membutuhkan ketelatenan, yaitu dengan rutin memotong dan memberi pupuk untuk mencegah tumbuhnya rumput rumput liar. sehingga bisa merusak keindahan rumput swiss ini.

Selain itu, cara merawatnya juga kita harus sering sering mengecek dan menjaga kelembabannya.

Gimana? Kepingin nggak kira kira? Kualitas yang bagus, harga yang lumayan tinggi dan cara perawatan yang membutuhkan ketelatenan tinggi.

Rumput Golf

Jenis Rumput Taman

Rumput golf, rumput jenis ini biasa digunakan untuk lapangan golf. Saat ini sangat banyak sekali yang memelihara jenis rumput ini karena bentuknya yang unik.

Selain digunakan untuk lapangan golf, rumput golf juga banyak yang menjadikanya sebagai tanaman hias di pekarangan rumahnya. Bentuknya yang bergelombang, sangat cocok bila di jadikan untuk hiasan taman atau halaman rumah.

Pertumbuhannya yang naik ke atas, membuat kita sangat mudah untuk memotongnya. Namun, Untuk merawatnya kita harus berhati hati. Kita harus telaten, agar rumput bisa tumbuh dengan baik dan subur.

Rumput Kucai (Ophiopogon japonicus)

Jenis Rumput Taman

Rumput jenis ini merupakan rumput yang berasal dari daerah Asia. Warnanya yang hijau gelap membuat rumput ini terlihat semakin unik dan indah. Sehingga tidak sedikit yang menanamnya di halaman rumah atau taman.

Salah satu keunggulan dari rumput kucai juga bisa tumbuh dan bertahan di semua cuaca.

Biasanya penjual rumput ini menjualnya dalam bentuk polybag dengan macam macam harga. Mulai dengan harga 2.000 sampai 6.000 per polybagnya. Namun ada juga yang menjualnya dalam bentuk paketan 10 hingga 100 polybag.

Rumput Kentucky (Poa Pratensis)

Jenis Rumput Taman

Rumput kentucky adalah rumput yang mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu mempunyai warna hijau yang agak kebiru biruan. Sehingga banyak yang menyebutnya Bluegrass. Dan rumput ini hanya tumbuh di musim dingin.

Rumput kentucky memiliki bentuk yang unik, yaitu bentuknya yang seperti perahu dan dan terdapat garis garis terang di kedua lidi pembuluh pusat daunnya.

Jika merawatnya dengan telaten, jenis rumput ini juga memiliki karakteristik yang bisa tumbuh cukup lebat, subur dan bisa tahan lama.

Kegunaan rumput ini, selain digunakan untuk desain halaman rumah, jenis rumput ini juga sangat cocok untuk dijadikan lapangan atletik, lapangan golf, futsal, sepak bola dan lain lain. Namun, rumput ini terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan harga rumput taman biasa.

Rumput Sintetis

Jenis Rumput Taman

Rumput sintetis adalah jenis rumput yang berbeda dengan rumput rumput yang sudah dibahas di atas. kalau yang sebelumnya adalah rumput rumput alami, rumput sintetis bisa juga disebut dengan rumput palsu.

Mengapa?

Karena rumput sintetis adalah rumput buatan manusia, bukan rumput yang tumbuh dengan media tanah, air dan cuaca.

Rumput jenis ini adalah rumput yang terbuat dari bahan sintetis tertentu, yang bentuknya seperti karpet. Namun, sangat banyak sekali jenis rumput sintetis ini, hampir semua rumput asli bisa ditiru dan dibuat dengan bahan sintetis.

Rumput sintetis juga tidak kalah bagus dan indah kalau dibandingkan dengan rumput rumput yang lain. Jenis ini bisa digunakan untuk membuat taman Outdoor maupun Indoor.

Cara perawatannya pun tidak seperti rumput tanah pada umumnya, yang harus disiram dan di potong secara rutin. Rumput jenis ini hanya cukup menyikat permukaannya saja secara rutin agar terlihat tetap menarik dan fiber tidak layu.

Dan jangan lupa agar selalu menjaga kebersihan rumputnya, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pastikan rumput bebas dari bakteri dan kuman dengan cara menyemprotkan permukaan rumput dengan air yang sudah tercampur dengan cuka.

Cara Mudah Menanam Rumput Taman

Banyak sekali model atau teknik cara menanam rumput yang baik dan benar. Namun, pada intinya menanam rumput ya begitu begitu saja. hanya ketelatenan yang harus betul betul kita perhatikan.

Mengapa kita harus telaten dalam proses menanam rumput? Yaitu agar rumput yang kita tanam bisa tumbuh dengan maksimal sesuai dengan yang kita harapkan. Dan juga agar taman bisa tampil lebih menarik.

Maka dari itu, kalian perlu tahu bagaimana cara menanam rumput yang baik dan benar. Baca terus sampai habis ya.

Tentukan Jenis Rumput

Jenis Rumput Taman

Sebelum kita mau menanam rumput, maka menentukan jenis rumput adalah hal yang sangat penting. Kita harus bisa menyesuaikan, jenis rumput apa yang harus kita tanam yang harus sesuai dengan cuaca dan konsep taman yang kamu inginkan.

Di atas sudah saya tuliskan beberapa jenis rumput taman yang bagus dan indah. kalian tinggal memilih saja mana yang sekiranya cocok dengan kondisi dan konsep yang sudah direncanakan.

Selain itu, setiap rumput memiliki Bentuk dan karakter yang tidak sama. Maka, ini sangat berpengaruh dengan hasilnya nanti. jadi, sekali lagi kalian harus betul betul memilih rumput yang cocok.

Menyiapkan Lahan atau Tanah

Jenis Rumput Taman

Setelah kalian sudah mendapatkan rumput yang mau ditanam, berikutnya adalah menyiapkan tanah dengan cara menggemburkannya pada lahan yang akan ditanami.

Tanah yang baik untuk menanam rumput adalah tanah yang kondisinya lembab, sehingga rumput akan tumbuh dengan subur karena tanah yang lembab itu kaya akan material organik dan zat hara.

Itu adalah tahapan yang sangat penting dalam menanam rumput taman.

Adapun cara menggemburkanya yaitu dengan mencampurkan pupuk kandang dengan tanah yang sudah di cangkul bagian atasnya dengan diameter sekitar 5-10 cm..

Mengapa menggunakan pupuk kandang? Menggunakan pupuk alami lebih disarankan karena pupuk alami lebih mudah menyerap zat hara. kalau sudah tercampur, tinggal ratakan saja tanah bagian atasnya, agar tanah lebih mudah menyerap air dan maksimal, kalian juga bisa menambahkan Gypsum pada tanah.

Basahkan dan Petakan Tanah

Jenis Rumput Taman

Sebelum proses menyemai bibit rumput, kita harus membasahi dan memetakkan terlebih dahulu tanahnya dengan sedikit air, lalu bagikan ke dalam beberapa petak.

Dalam penanaman bibit rumput ini, kalian bisa membentuk selang seling atau yang lainnya. Setelah bibit sudah tersebarkan. Untuk menjaga kelembaban tanah, kalian bisa menambahkan gambut di atasnya.

Siram Rumput Dua Sampai Tiga Kali Sehari

Jenis Rumput Taman

Bibit rumput yang sudah disebarkan tadi harus diperhatikan masalah perairannya. 

Setelah 8-10 hari pertama, kalian harus menyiramnya 2-3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. lakukan penyiraman itu selama 5-10 menit.

Namun, jika kalian menanam bibit disaat musim hujan sedang berlangsung, kalian bisa mengurangi penyebarannya.

Perawatan Rumput Saat Sudah Mulai Tumbuh Lebat

Jenis Rumput Taman

Ada beberapa jenis rumput yang cepat sekali tumbuh, seperti rumput jepang dan lain lain. Maka kita harus memotongnya agar tetap kelihatan indah dan tumbuh maksimal. paling tidak sebulan sekali.

Namun banyak juga jenis rumput yang lama tumbuhnya, sehingga kita tidak perlu rutin setiap bulan harus memangkasnya. Seperti rumput gajah dan lain lain. Karena setiap rumput memiliki karakteristik pertumbuhan yang berbeda.

Ada beberapa macam rerumputan yang tumbuh dibarengi dengan gulma, seperti rumput peking dan lain lain. Maka, selain harus memangkasnya, kalian juga perlu mencabuti gulma yang tumbuh dengan rumput itu.

Penutupan

Mungkin hanya itu yang dapat kami jelaskan tentang jenis jenis rumput taman dan cara penanamannya. Kalian juga bisa membaca Jenis Bambu Paling Kuat di Indonesia. Lumayan buat menambah wawasan.

Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

One comment

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Saya Mau Pesan Gazebo.