Genteng Metal Pasir – Kelebihan dan Kekurangan

Genteng Metal Pasir – Kelebihan dan Kekurangan

Seringkali terdengar pertanyaan pertanyaan dari masyarakat yang menanyakan terkait kelebihan dan kekurangan genteng metal pasir. Bahkan ada yang sampai kebingungan dalam memilih jenis genteng terbaik buat atap di rumahnya.

Baiklah, pada artikel ini Tim Master Taman akan menjelaskan secara detail tentang karakteristik, fungsi dan kelebihan kekurangan genteng metal pasir. Serta dilengkapi dengan cara membuat dan cara pemasangannya.

Bagi kalian yang mau membuatnya sendiri dirumah, kalian bisa baca tulisan ini secara berurutan sampai selesai.

Mengenal Genteng Metal Pasir untuk Atap Rumah

Atap Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir merupakan satu diantara jenis material yang berfungsi untuk menutup atap rumah atau gazebo taman, yang terbuat dari bahan metal atau logam.

Berbeda dengan genteng pada umumnya yang memiliki karakteristik harus pada permukaannya. genteng ini memiliki sifat yang sedikit agak kasar ketika di sentuh seperti berpasir.

Adapun bahan bahan yang dipakai untuk membuatnya adalah dengan menggunakan baja zinc phospat, zincalume, galvalume az 100 dan campuran coraltex. dari campuran coraltex inilah yang menjadikan lapisan genteng tampak seperti berpasir.

Dan salah satu fungsi lapisan seperti pasir ini yaitu agar bisa menahan sinar matahari supaya tidak masuk ke dalam rumah atau banguan. Kemudian, apa saja kelebihan dan kekurangan jika rumah kita menggunakan atap dari material ini?

Dari sumber yang terpercaya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan material atap rumah yang terbuat dari bahan metal pasir.

Baca juga

6 Kelebihan Genteng Metal Pasir

Genteng Metal Pasir

1. Genteng Anti Karat

Seperti genteng biasa yang terbuat dari bahan tanah, kelebihan pertama dari genteng ini adalah tidak bisa berkarat, atau anti karat, dan bisa bertahan terhadap pengikisan secara kimia.

Mengapa demikian? Karena ada unsur alumunium dan lapisan anti karat di dalamnya, sehingga kelebihannya  bisa bertahan dan tidak berkarat.

2. Bisa Meredam Suara Bising

Kelebihan kedua adalah genteng ini bisa meredamkan suara bising, seperti suara air hujan atau yang lainnya.

Maka sangat cocok untuk memakai genteng ini jika kalian sering merasa tidak nyaman ketika ada hujan deras. Karena bisa meredam suara hujan deras.

3. Ramah Terhadap Lingkungan

Sebuah material bangunan, bukan sekedar harus nyaman untuk penghuni nya saja, namun untuk lingkungan juga harus nyaman. Maka, untuk mendukung hal demikian, semua jenis material bangunan yang kita pakai untuk hunian baiknya perlu menggunakan material yang ramah lingkungan.

Genteng ini adalah salah satu jenis material yang ramah terhadap lingkungan.

Bukan hanya sekedar itu, untuk cara perawatannya pun sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

4. Jenis Genteng yang Tidak Mudah Terbakar

Jika terjadi kebakaran atau adanya sambaran petir, maka genteng macam ini dapat memberikan perlindungan terhadap penghuni rumah, karena dapat mencegah adanya penghambatan kebakaran.

Dengan kelebihannya yang memiliki sifat tidak mudah terbakar dan tidak bisa menghantarkan api. Sehingga dapat menjadikan penghuni rumah dapat lebih nyaman untuk beristirahat.

5. Bervariasi

Kelebihan berikutnya adalah ganteng ini tidak hanya terdapat satu model saja, namun sangat banyak sekali pilihan model dan variasinya, mulai dari ketebalan, ukuran dan warnanya. Sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan sendiri.

6. Tidak Mudah Lepas

Jika di daerah kalian sering terjadi angin kencang, maka dengan menggunakan genteng ini adalah salah satu solusi yang terbaik. Karena ganteng ini tidak mudah lepas dan dipasang dengan menggunakan kunci khusus sehingga tidak mudah terlepas.

Tentunya hal ini sangat berguna bagi kalian yang di daerahnya sering terjadi angin kencang. Bukan hanya itu, saat diinjak juga genteng ini tidak akan mudah bergeser.

Nah, itulah kira kira 6 kelebihan dari genteng metal pasir. Bagaimana, keren kan?

Sekarang mari kita baca juga di bawah, tentang kekurangan dari jenis material penutup atap rumah ini.

3 Kekurangan Genteng Metal Pasir

Motiv Genteng Metal Pasir

1. Rentan Terhadap Tekanan

Kekurangan pertama dari genting ini adalah, ia biasanya hanya memiliki ketebalan sekitar 0,20 mm sampai dengan 0,40 mm. Hal ini menjadikan mudah rusak apabila terlalu sering diinjak injak.

Maka jika kalian memakai genteng ini, sebisa mungkin jangan terkena injakan, karena kekuatannya tidak sekokoh genteng dari bahan tanah.

2. Warna yang Mudah Terkelupas

kekurangan genteng metal pasir yang kedua adalah warnanya yang mudah terkelupas.

Kalau kelebihannya tadi, banyaknya macam varian warna yang tersedia, namun sayangna warna itu mudah terkelupas. Maka, kalian harus hati hati ketika memasang material ini.

3. Daya Redam Panas Relatif Rendah

Jika dibandingkan dengan jenis genteng yang lain, genteng model jenis ini mempunyai kemampuan yang kurang dalam hal peredaman panas. Kemampuan hanya bisa meredam perkiraan 70% saja.

Namun, jangan khawatir kalian bisa mengakali ini dengan cara membuat ventilasi di dalam rumah, agar penghuni rumah tidak merasa kepanasan.

Itulah 3 kekurangan genteng metal pasir. Jadi, kalian yang sudah ada rencana mau membuat rumah, pertimbangkanlah terlebih dahulu seperti apa memilih atap yang cocok dengan kondisi di lingkungannya.

Sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan situasi di lingkungan rumah dan pastinya dampaknya nanti kalian akan terasa lebih nyaman.

Baca juga model teras rumah yang cantik dan unik

Proses Pembuatan Genteng Metal Pasir

Pembuatan Genteng Metal Pasir

Proses pembuatan genteng ini tidak begitu sulit, namun juga tidak semudah yang kita bayangkan, pada intinya jika kita mau membuatnya sendiri kita harus mempersiapkan semua nya.

Ada beberapa tahap pembuatannya. Berikut langkah langkahnya:

  • Tahap Pemotongan

Tahap awal proses pembuatan adalah pemotongan bahan yang masih belum terbentuk. Pemotongan ini dilakukan dengan menggunakan mesin teknologi yang canggih.

  • Tahap Pemberian Warna

Bahan material yang sudah dipotong potong, selanjutnya akan diwarnai, dengan memberikan lapisan coral atau pasir. Setelah diwarnai genteng tinggal dibakar.

  • Proses Pembakaran

Pembakaran ini dilakukan dua kali, setelah proses pewarnaan.

  • Pemeriksaan Kualitas

Setelah melewati dua kali proses pembakaran, proses pembuatan selanjutnya adalah pengecekan kualitas. Memilih yang bagus dan yang kurang bagus. Atau juga bisa dikatakan proses seleksi.

  • Penyimpanan

Kalau sudah melakukan tes kualitas dan lolos, maka genteng akan disimpan pada tempat khusus, tempat untuk barang barang yang sudah siap kemas.

  • Pendistribusian

Proses terakhir pembuatan adalah pendistribusian atau pemasaran. Genteng yang sudah di simpan di tempat penyimpanan setelah lolos tes kualitas, maka tingga di pasarkan dan siap dipakai.

Cara Pemasangan Genteng Metal Pasir

Atap Genteng Metal Pasir

Dalam pemasangan genteng yang perlu kalian perhatikan adalah antara bagian atas dan bawah genteng tidak boleh terbalik ketika pemasangannya, karena di genteng ada SOK nya. Sehingga waktu proses pemasangan lembaran pada sayap bagian kanan harus ditempelkan dengan pemasangan lembaran pada bagian kiri.

Cara Pemasangan Paku

Cara Pemotongan Genteng

Pemotongan ini hanya bisa dilakukan menggunakan gunting besi, yang dipotong hanya bisa dilakukan untuk bagian atas genteng yang nanti tempat untuk gording akan terpasang.

Cara Pemasangan NOK

Posisi Kemiringan bagian atap genteng yang pas yaitu 20-30 derajat, dan kemudian diikat dengan menggunakan paku ulit yang tepat dibagian atas sayap NOK bagian samping.
Demikianlah penjelasan dari kami. Terimakasih

 

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Master Taman Saya Mau Pesan