Rumah Kayu Unik

Desain Rumah Kayu – Minimalis / Modern / Sederhana / Klasik

Halo para kaum millennial !  Apa kabar hari ini ? Semoga sehat dan dilancarkan usahanya. Para generasi millennial ini lebih cenderung suka dan menginginkan desain rumah yang minimalis bukan ? Tepat, pada kesempatan kali ini kita akan mengintip desain rumah. Lebih spesifikasinya desain rumah kayu.

Oke tanpa lama-lama, langsung saja persiapkan mata dan fokus pada pembahasan.

Desain Rumah Kayu Minimalis

Nah para juragan-juragan, jika kita membangun rumah pasti yang kita inginkan tentunya rumah yang minimalis namun terlihat mewah kan. Tentu saja kita tidak perlu bingung untuk memilih bahan dasarnya. Kita bisa membuat desain rumah yang kita inginkan dengan material alami namun nyaman. Yaitu berbahan dasar kayu.

Bahan kayu sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan sebagai bahan dasar membangun rumah. Kayu dipilih sebagai bahan dasar rumah juga karena beberapa pertimbangan. Seperti murah, mudah dibentuk, unik, dan klasik.

Di luar negeri pun juga masih banyak sekali negara-negara yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar rumah mereka. Lalu negara mana sajakah yang menggunakan bahan kayu? Berikut adalah beberapa negara yang menggunakannya.

Desain Rumah Kayu Minimalis Jepang

Desain Rumah Kayu
desain rumah kayu jepang (dekoruma.com)

Tahukah kamu negara yang pernah menjajah kita juga masih menggunakan kayu sebagai bahan dasar rumah mereka? Yah, Jepang adalah salah satu negara yang masih banyak terdapat rumah kayunya.

Negara Jepang tidak menggunakan bahan dasar semen dan sebagainya, karena Jepang adalah negara yang terdapat banyak gunung berapi aktif. Selain banyak gunung berapi aktif, Jepang juga termasuk negara yang rawan akan gempa bumi dan tsunami.

Maka dari itu mereka tidak banyak yang membangun rumah dengan bahan dasar yang berat. Walaupun di pusat kota juga masih banyak gedung pencakar langit yang pastinya bukan dari bahan kayu. Budaya di negara ini dikenal dengan mengedepankan efisiensi, kecantikan, keindahan, dan kesederhanaan.

Desain interior rumah kayu Jepang akan terlihat minimalis namun dapat memberikan efek tenang atau memberikan kenyamanan bagi yang menghuninya. Nah jadi bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membuat desain rumah seperti ini ?

Desain Rumah Kayu Negara Brazil

Desain Rumah Kayu
Juliana Stefanelli Arquitetura & Design

Brazil, salah satu negara terluas di dunia. Tidak hanya memiliki daratan yang luas saja, namun negara ini juga memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Brazil menempati posisi 5 dengan negara terbanyak populasi penduduknya. Terletak di bagian paling timur di Benua Amerika Selatan.

Terkenal dengan Hutan Amazon, tentu saja Brazil memiliki banyak hasil alam seperti kayu, karet, kopi, dan banyak lainnya. Apakah Brazil juga menggunakan rumah berbahan kayu ? Yah tentu saja itu sangat benar adanya.

Rumah kayu di negara ini yang paling populer bernama Manacas House. Buat kalian para pengantin muda, rumah desain seperti ini sangat cocok untuk dijadikan referensi kalian. Berbekal bahan yang murah dengan model pemasangan yang sangat elegan nan modern.

Rumah Kayu Indonesia

Rumah Adat Joglo
Rumah Adat Jawa Tengah dan Timur (99.co)

Sampai juga di negara tercinta kita yaitu Negara Indonesia :* Negara dengan 17.504 pulau, 270.203.917 penduduk (2020). Waw fantastis sekali kawan. Indonesia tidak jauh berbeda dengan Brazil, yaitu masih memiliki banyak sekali hutan hijau. Dengan ini Indonesia juga termasuk negara penghasil sumber alam terbesar.

Rumah kayu di Indonesia sangat banyak sekali macamnya. Hampir seluruh daerah di Indonesia menggunakan kayu sebagai bahan dasar rumah adat. Rumah adat ini sekarang menjadi rumah yang populer. Tak hanya desainnya yang unik, namun rumah adat memiliki spot foto yang sangat bagus dan indah untuk di ambil.

Selain itu, rumah adat seperti ini juga tidak terlepas dari nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Buat kalian yang penasaran dengan rumah-rumah unik di Indonesia berikut contohnya.

  1. Rumah adat Papua (Honai)
  2. Rumah adat Provinsi Aceh yaitu (Krong Bade atau Rumoh Aceh)
  3. Rumah adat Sumatera Selatan (Rumah Limas, Rakit, dan Apung)
  4. Rumah adat Jawa Timur (Joglo Situbondo) sama dengan rumah adat Jawa Tengah
  5. Rumah adat Jawa Barat (Imah Badak Heuay, Julang Ngapak, Imah Jolopong, Parahu Kumurep, Capit Gunting, Kasepuhan, dan Tagog Anjing)
  6. Rumah adat Padang ( Rumah Gadang atau Rumah Godang)
  7. Rumah adat Kalimantan (Rumah Baluk)
  8. Rumah adat Bali
  9. Rumah adat Lombok (Bale Tani dan Lumbung)
  10. Rumah adat Nusa Tenggara Timur (Rumah Mbaru Niang)
  11. Rumah adat Nusa Tenggara Barat yaitu bernama (Rumah Dalam Loka)

Desain Rumah Kayu Minimalis Modern Nuansa Eropa

Desain Rumah Kayu Eropa
Desain Rumah Kayu Ala Eropa (Pinterest)

Sekarang kita terbang ke Benua Biru kawan, yakni Benua Eropa. Negara-negara di Benua Eropa pun juga banyak sekali desain rumah yang masih berarsitektur kayu sebagai bahan dasarnya. Tak bisa dipungkiri lagi, bahan ini memang cocok untuk desain rumah apa saja dan di mana saja.

Bagi kalian yang masih bingung dengan beberapa desain yang ada di Indonesia, mungkin kalian perlu mencoba desain rumah kayu ala Eropa. Desain yang paling populer diantaranya.

1. Desain Sederhana dengan Nuansa Hijau Tua

Sangat direkomendasikan buat kalian dilengkapi dengan cerobong asap dan model depan rumah yang memperlihatkan sisi segitiga pada atapnya.

2. Desain Rumah Minimalis Sederhana dengan Kombinasi Hijau dan Krem

Rekomendasi yang kedua yakni rumah minimalis modern dengan kombinasi warna krem dan hijau. Kebanyakan, model rumah seperti ini yaitu krem sebagai warna temboknya dan hijau sebagai warna gentingnya.

3. Desain Rumah Nuansa Alami Coklat Kayu

Desain yang ketiga yaitu desain rumah kayu dengan nuansa yang sangat alami. Yaitu desain yang memiliki warna coklat. Model ini sangat terlihat natural sehingga bisa kita bangun tanpa menggunakan cat tambahan biar terlihat unik dan menarik.

Rumah kayu yang tidak kita warnai dengan cat tambahan justru akan lebih terlihat natural dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Namun akan lebih terlihat mewah jika gunakan pernis atau juga plitur.

4. Desain Rumah Sederhana Bernuansa Putih Abu-abu

Rumah yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah rumah kayu bernuansa putih berkombinasi abu-abu. Rumah ini sebenarnya sudah menjadi ciri khas rumah orang Eropa. Berbentuk segitiga dan pada atapnya pun berbentuk segitiga. Pada bagian depan dilengkapi pintu dan juga ventilasi yang mirip dengan jendela.

5. Kombinasi Putih dengan Krem

Rekomendasi yang terakhir untuk rumah ala Eropa yaitu kombinasi sederhana dari penggabungan warna putih dengan krem. Kombinasi ini seperti halnya dengan rumah ala Eropa pada umumnya. Rumah desain ini memiliki warna yang kalem namun sangat elegan. Perpaduan antara putih dan krem yang menjadikan warna tidak terlalu mencolok.

Desain Rumah Kayu Modern

Oke next kita lanjut pembahasan berikutnya, yaitu tentang desain rumah modern dengan bahan dasar kayu. Terkadang kita sulit untuk membedakan antara rumah minimalis dengan rumah modern. Pasalnya desain rumah minimalis dengan desain rumah modern itu bisa kita jadikan satu konsep.

Bagaimana sih contoh dari dua konsep dijadiin satu ? Contohnya yaitu, desain rumah minimalis dan desain rumah modern. Tinggal kita gabungin aja jadi “Desain Rumah Minimalis Modern” Simpel bukan ? Nah tapi, yang akan kita bahas sekarang adalah desain rumah modern saja.

Desain rumah modern dan yang hanya minimalis, bisa kita bedakan dengan cara melihat dari besar kecilnya sebuah rumah. Biasanya rumah minimalis hanya memiliki ukuran yang minim atau kecil. Berikut adalah contoh model desain rumah modern.

Desain Rumah Kayu Modern
contoh rumah kayu modern (pinterest)

Gambar di atas hanya sebagai gambaran saja kawan. Jika kalian ingin membuat desain yang berbeda juga tidak masalah. Akan terlihat lebih anggun jika kita tambah dengan sebuah taman yang ada gazebonya. Gazebo sendiri bisa digunakan sebagai tempat santai di luar rumah bersama keluarga.

Desain Rumah Sederhana dari Kayu

Akhir-akhir ini memang banyak sekali peminat desain rumah yang sederhana namun terlihat mewah. Kiblat dari desain dan interior yang mereka ikuti biasanya dari Negara-negara Skandinavia. Bahkan ada juga yang banyak terobsesi dengan rumah minimalis Jepang.

Desain Rumah Sederhana Kayu
Desain Rumah Sederhana Ala Jepang (pinterest)

Pada dasarnya konsep yang sangat sederhana itu mengutamakan fungsional dan efisiensi. Hal unik yang kita temui dalam desain ini terletak pada interior, perabotan rumah, warna, pengaturan cahaya, hiasan taman, dan masih banyak lagi.

Mendesain rumah sederhana namun terlihat mewah itu bukanlah hal yang mudah kawan, tapi bukan berarti sulit juga hehe. Jadi gini kuncinya, asalkan kita tahu apa yang kita butuhkan maka akan terasa mudah. Dari pada kalian pusing, mending kita goes melihat beberapa konsep rumah sederhana ini kawan.

  1. Desain Rumah Sederhana 1 lantai
  2. Desain Rumah Sederhana 2 lantai
  3. Model Rumah Sederhana 3 kamar
  4. Desain Rumah Sederhana 2 kamar
  5. Desain Rumah Sederhana 1 lantai 1 kamar
  6. Model Rumah Sederhana 3 lantai 2 kamar
  7. Desain Rumah Sederhana Luas Type 21
  8. Desain Rumah Sederhana Luas Type 36
  9. Model Rumah Sederhana Luas Type 72
  10. Desain Rumah Sederhana Luas Type 90
  11. Desain Rumah Sederhana 1 lantai 2 kamar
  12. Model Rumah Sederhana Gaya Jepang
  13. Desain Rumah Sederhana Gaya Natural
  14. Desain Rumah Sederhana Gaya Skandinavia dll.

Dengan ini juga bisa kita kombinasikan dengan lantai keramik motif kayu, buat kalian yang ingin mengetahui model-model dari lantai keramik motif kayu, silahkan bisa klik link ini. Lantai Keramik Motif Kayu.

Desain Rumah Kayu Klasik

Rumah Kayu Klasik
Contoh Rumah Kayu Klasik dari Thailand (pinterest)

Jika kita masih tetap bingung harus memilih yang mana, maka tidak ada salahnya jika kita memilih konsep desain yang satu ini. Yaitu desain rumah klasik dari kayu, desain ini memang terlihat aneh dan terbilang kuno atau ketinggalan zaman.

Ingat kata dari mbak Najwa Shihab “bukankah melelahkan jika selalu mengikuti tren, apalagi hanya agar dianggap keren” Dari kalimat tersebut kita dapat terapkan dalam memilih model desain rumah yang ingin kita jadikan tempat tinggal.

Karena rumah yang klasik sudah jarang sekali kita temukan, maka tak salah juga kalau kita munculkan kembali. Desain yang satu ini memang sangat cocok buat kalian yang berjiwa seni dan menyukai nilai tradisionalisme yang tinggi.

Rumah klasik bukan hanya menjadi rumah favorit orang di tahun 80 atau 90’an saja. Rumah klasik biasanya menjadi perpaduan antara beberapa model, diantaranya Rumah Panggung, Rumah Bambu, Rumah Gaya Jawa, dan masih banyak model lainnya.

Unsur klasiknya terletak pada bahan yang digunakan, yaitu bambu atau kayu. Tak hanya itu kawan, desain dua lantai dari kayu saja juga bisa kita bikin kok. Jadi jangan khawatir kalau desain rumah dengan bahan ini akan ketinggalan zaman. Oke selamat mencoba kawan good luck 🙂

One comment

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Saya Mau Pesan Gazebo.