Kerajinan Tangan dari Kayu

Contoh Kerajinan Tangan dari Kayu Palet, Bekas, dan Limbah

Pembaca yang budiman. Pada artikel ini Tim master taman akan menjelaskan dan memberikan contoh kerajinan tangan dari bahan dasar kayu.

Perlu kalian ketahui, ternyata kayu yang biasa kita jumpai sehari hari merupakan benda yang sangat banyak manfaatnya dan mudah kita jadikan berbagai jenis kreasi, seperti kerajinan tangan, bangunan, kandang, mebel dan lain lain.

Pokoknya banyak banget deh.

Namun, pada tulisan kali ini saya hanya fokus membahas tentang contoh kerajinan kayu atau kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu.

Karena saking mudahnya membuat kreasi dengan kayu, sering kita jumpai pengrajin pengrajin kerajinan di Indonesia, mereka memanfaatkan kayu untuk dijadikan sebagai bahan utama untuk usaha sampingan.

Bahkan tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai usaha pokok.

Karena Kerajinan dari bahan dasar kayu selain bahannya yang kuat dan awet, unsur estetika (keindahannya) dan ergonomis (kegunaan) juga sangat luar biasa. Makannya tidak heran jika banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan sampai di luar negri.

Jadi, kalian yang punya skill, bisa juga tuh mengikuti mereka mereka yang sudah lebih dulu memanfaatkan fungsi kayu untuk dijadikan sebagai usaha.

Memang sih, terkadang kita juga berpikir kalau mereka (yang sudah sukses), itu mempunyai alat alat yang mahal dan canggih untuk membuat kerajinan kayu.

Tapi jangan khawatir, ada ko kerajinan yang bisa kita buat hanya dengan memakai skill tangan tanpa harus punya alat alat yang super mahal dan canggih.

Bahkan, untuk bahannya saja kita bisa memakai kayu limbah, kayu palet atau kayu kayu yang sudah tidak dipakai lagi.

Kalau bahasa saya sih namanya kayu BS an.

Namun, untuk lebih menambah wawasan, saya juga akan memberikan lebih banyak contoh kerajinan kayu yang keren, eksotis, dan tentunya dengan bentuk yang unik dan menarik.

Kayu yang Sering Dijadikan Bahan Kerajinan

Contoh Kerajinan Kayu

Sebelum kita membuat kerajinan, yang pertama harus diperhatikan adalah jenis kayu. Karena tidak semua kayu cocok untuk dijadikan bahan dasar. Pasalnya, setiap kayu pasti memiliki karakteristik, ciri khas, dan kegunaaan yang berbeda.

Bahkan, bukan hanya kayunya saja yang harus kita pahami, tapi juga kita harus memahami tekstur, ukuran, dan berat kayu, sehingga nanti pun bisa menyesuaikan dengan jenis dan kegunaannya.

Nah, biar gak kelamaan dan membingungkan, langsung saja kita lirik ke bawah untuk mengetahui jenis jenis kayu dan spesifikasinya.

Kayu Jati

  • Lebih kuat dan awet, bahkan dikatakan juga sebagai rajanya kayu
  • Sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di pulau jawa
  • Berwarna coklat muda
  • Tekstur agak kasar
  • Memiliki serat lurus
  • Kemungkinan retak sangat kecil
  • Cocok digunakan untuk membuat mebel

Kayu Pinus/Kayu Jati Belanda

  • kayu yang paling banyak dicari
  • Harga tidak begitu mahal
  • Bobotnya ringan
  • Memiliki warna yang terang
  • Mudah dikombinasikan dengan warna lain
  • Sering dibuat kerajinan dari kayu yang unik dan exotis
  • Cocok digunakan untuk membuat perabot

Kayu Mahoni/Mahogany

  • Ketahanan dan keawetannya pas
  • Bisa digunakan untuk membuat alat musik
  • Cocok dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan
  • Tahan Rayap
  • Cocok juga dijadikan bahan mebel

Kayu Trembesi

  • Memiliki warna yang bagus
  • cocoknya dibuat untuk membuat meja
  • Cocok juga dibuat furniture

Kayu Akasia

  • Tekstur hampir mirip dengan kayu jati
  • Memiliki warna coklat
  • Memiliki serat yang menarik dan mudah untuk diproses
  • Rentan terkena rayap dan jamur
  • Bobotnya lebih berat dari kayu yang lain
  • Memiliki aroma yang kurang enak

Itulah salah satu dari sekian ribu jenis kayu yang bisa dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan. Namun, selain itu juga nanti dibawah akan saya jelaskan Kerajinan kerajinan yang dibikin dengan menggunakan kayu palet atau kayu bekas.

Baca juga rekomendasi desain rumah kayu terbaik di indonesia

Kerajinan Apa Saja yang Bisa Dihasilkan dari Kayu?

kalian sudah mulai penasaran, kira kira kerajinan apa saja yang bisa dihasilkan dari kayu? Jadi, tetap baca tulisan ini sampai akhir ya. Kalau perlu kalian baca berulang ulang, agar lebih mantap dan paham tentang kerajinan tangan yang dibuat dengan bahan kayu.

Berikut adalah contoh contoh kerajinan kayu:

1. Meja Akar Kayu Jati Abstrak

Contoh Kerajinan Kayu

Buat kalian yang sudah menjadi ibu rumah tangga, sepertinya sudah tidak asing lagi  dengan kerajinan kayu yang satu ini. Ya, meja akar kayu jati abstrak.

Kerajinan ini bukan seperti kerajinan pada umumnya, meja ini berbentuk sangat unik yang terbuat dari potongan akar dan batang kayu jati.

Banyak sekali ibu ibu rumah tangga yang mencari produk kerajinan yang satu ini, karena bentuknya yang unik, seninya juga ngena banget kalau dijadikan pelengkap keindahan di rumah.

Bentuknya yang unik inilah yang menjadikan nilai estetikanya keluar, dan tingginya nilai jual. Sehingga kerajinan ini bisa dikatakan sebagai kerajinan kayu terlaris di Indonesia.

2. Backdrop Lamaran Pernikahan

Contoh Kerajinan Kayu

Hampir setiap hari, di Indonesia pasti ada orang yang menikah. Dan tak sedikit dari mereka yang menginginkan acara pernikahannya itu tidak biasa biasa saja, atau biasa dibuat dengan tema rustic dan vintage.

Namun, di waktu waktu tertentu biasanya akan ada musim pernikahan, yang mana dalam satu hari terkadang bisa tiga sampai lima orang yang menikah. Berbeda dengan hari hari biasanya yang hanya satu atau dua orang yang menikah.

Tentunya di kondisi seperti inilah para pengrajin akan mendapatkan hujan pesanan untuk membuat backdrop dari kayu. Dan tentunya uang yang dihasilkan tidak sedikit.

Kalian bisa menyewa backdrop pernikahan ini di tempat tempat persewaan dekorasi.

Namun, Jika kalian ingin membuatnya sendiri juga bisa, tanpa harus menyewa jasa untuk membuat dekorasi. Kalian cukup membeli backdrop dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Dan nanti bisa disewakan.

3. Kerajinan Kayu Lampu Meja Hias

Contoh Kerajinan Kayu

Kerajinan kayu lampu meja hias juga tidak kalah keren dan unik kalau dibandingkan dengan yang sudah kita bahas sebelumnya.

Bagaimana tidak unik, contoh lampu meja hias ini secara keseluruhan dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu, sehingga lebih terlihat seninya. Sangat unik dan estetik bukan?

Meskipun banyak pengrajin yang menjual kerajinan kayu jenis ini, kita juga bisa untuk  membuatnya sendiri. Untuk membuat kerajinan lampu meja hias seperti ini, biasanya menggunakan kayu mahoni atau kayu pinus.

Namun, jika kamu tidak mau repot repot untuk membuatnya, bisa juga membelinya ke pengrajin kayu. Dan pastinya dengan harga yang variatif.

Untuk harganya, biasanya dibanderol mulai Rp. 100.000 sampai jutaan, tergantung tingkat kerumitan pembuatanya dan keelokan bentuknya.

Itu adalah beberapa contoh kerajinan kayu, yang mungkin masih belum bisa membuat kalian puas untuk melihat contoh contohnya. Tapi jangan khawatir!

Sesuai dengan judul tulisan saya ini. Yaitu Contoh Kerajinan Tangan dari Kayu Palet, Bekas, dan Limbah. Maka akan saya berikan juga masing masing contohnya.

Kerajinan Kayu Palet, Kayu Bekas dan Kayu Limbah

Sebelumnya saya lanjutkan, saya mau bertanya dulu sama kalian wahai para pembaca yang budiman.

Apakah di rumah kalian ada kayu yang tidak terpakai? Kalau ada, kalian bisa membuat kreasi sendiri dari kayu kayu bekas yang ada di rumah kalian. daripada nganggur di rumah, mending dibikin kreasi.

Selain itu kan, juga bisa membuat halaman atau rumah kalian terlihat lebih bersih, indah dan tentunya lebih menarik karena tidak terlihat ceceran kayu yang tidak terpakai.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kayu palet atau kayu bekas yang lainya. Ya meskipun ada juga sih yang jual. Tapi biasanya kalau kayu palet atau kayu bekas harganya tidak mahal mahal amat.

Jadi buat kalian yang di rumahnya tidak ada kayu bekas atau kayu palet, bisa juga beli.

Langsung saja kita scroll kebawah, untuk melihat contoh contoh kerajinan kayu palet dan kayu bekasnya.

1. Kursi dari Sisa Kayu Palet

Contoh Kerajinan Kayu

Dari contoh yang pertama ini, sepertinya cukup mudah untuk kalian buat sendiri dirumah, dan yang dipakai untuk membuatnya adalah dengan menggunakan kayu palet.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya cukup memotong motongnya saja hingga membentuk panjang dan segi empat, kemudian tinggal di paku saja sampai betul betul kuat.

Kamu juga bisa menambahkan warna sesuai dengan selera yang kamu sukai, dan disesuaikan dengan tema ruangan yang nantinya akan ditempati.

2. Meja Kayu Palet Bergaya Rustic

Contoh Kerajinan Kayu

Jika di rumah kalian terdapat kayu palet, maka bisa tuh dibuat untuk meja bergaya rustic seperti ini. Namun, untuk membuat meja bentuk rustic ini cara membuatnya sangatlah mudah,  cukup memaku kayu kayu yang berbentuk persegi panjang.

Untuk warna dan bentuknya, kalian bisa sesuaikan dengan selera masing masing. Ntah berbentuk persegi panjang, untuk digunakan sebagai meja makan atau yang lainnya.

3. Tempat Tidur dari Palet

Contoh Kerajinan Kayu

Tidak sedikit orang yang tidak betah tidur karena kurang cocok dengan tempat tidurnya. Mungkin karena tempat tidurnya tidak sesuai dengan selera.

Tapi untuk tempat tidur yang bagus dan nyaman juga harganya tidak murah. Jadi, barangkali kalian punya kayu palet yang tidak terpakai, kalian bisa membuat tempat tidur sendiri dengan bahan kayu palet, sesuai selera.

Untuk cara membuatnya, kalian mungkin hanya membutuhkan bahan kayu palet dan paku yang lumayan banyak.

Namun, jangan salah. Meskipun tempat tidur kalian hanya dibuat dengan menggunakan kayu palet, kalian bisa tidur nyaman karena dibuat dengan selera sendiri.

4. Membuat Lemari Kayu Sederhana

Contoh Kerajinan Kayu

Nah, contoh yang keempat juga tidak kalah keren nih.

Dari bahan dasar kayu palet, kita bisa merubahnya menjadi sebuah lemari baju. Model modelnya juga terserah, bisa kita buat sesuai dengan selera.

Cara pembuatnya, kayu palet bisa kita jadikan sebagai kerangka, dan nanti di kombinasikan dengan triplek atau papan. Bisa dengan desain dua pintu atau juga bisa di sebelahnya dibuat untuk gantungan baju.

Bahkan, kalau kalian inginkan, bisa juga kalian membuat dengan model lemari kayu pakaian bongkar pasang. Keren bukan? Hanya dengan bahan Kayu palet, triplek dan papan kalian bisa membuat lemari baju sederhana yang keren.

Untuk menambah nilai keindahan, jangan lupa diberi warna sesuai selera juga.

5. Rak Bunga dari Kayu

Contoh Kerajinan Kayu

Jika kalian adalah salah satu orang yang suka sama bunga, sepertinya berjodoh banget karena membaca tulisan ini.

Kalian yang hobi dengan tanaman, sangat cocok jika membuat rak bunga seperti ini. Selain cara buatnya yang tidak sulit, membuat rak bunga juga bisa dibuat memakai bahan dasar kayu bekas yang sangat simpel dan sederhana.

Untuk modelnya, kalian juga bisa mengkombinasikan dengan bahan bahan lain, seperti besi, papan atau yang lainnya.

Modelnya juga sangat banyak variasinya. Bisa dengan bentuk panjang, pendek atau susun, sesuai dengan selera kalian masing masing deh pokoknya.

Siapa coba yang tidak ingin untuk memiliki rak bunga yang super unik, keren dan murah itu.

6. Meja Belajar dari Kayu Palet

Contoh Kerajinan Kayu

Tidak kalah keren juga nih. Meja belajar minimalis dari kayu palet.

Buat kalian yang sering dimarahin emak emak karena jarang belajar, atau kalian yang rajin belajar, tapi tidak punya meja untuk belajar. Coba deh cek ke belakang rumah, ada palet yang tidak dipakai atau tidak.

kalau ada, bisa tuh kalian buat sendiri meja belajar minimalis dengan memakai kayu palet, dengan model yang sederhana atau juga bisa dengan model yang kalian suka.

Cara buatnya juga cukup mudah. kalian cukup menyiapkan kayu palet dan paku, lalu dipotong potong sesuai ukuran yang diinginkan, dan tinggal digabung gabungkan saja.

Bagaimana? cukup simpel dan mudah bukan?

Itu adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari kayu palet. Di bawah akan saya berikan juga contoh kerajinan  kayu bekas.

Kerajinan Kayu Bekas

Selain dari bahan kayu palet, kalian juga bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan kayu bekas.

Berikut contoh contohnya:

1. Perabot Multi Fungsi

Contoh Kerajinan Kayu

Perabot multifungsi ini adalah kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama kayu jati bekas. Kalian bisa membuat perabot minimalis ini didesain seperti meja, tempat duduk atau yang lainnya.

Selain kalian bisa membuat kreasi dari kayu bekas, kerajinan tangan jenis ini juga bisa menghasilkan sesuatu yang banyak manfaatnya.

Atau kalau kalian punya ide ide kreatif yang lain juga bisa kalian membuatnya.

2. Bangku Minimalis

Contoh Kerajinan Kayu

Bangku minimalis juga tidak kalah keren. Bagi kalian yang suka ngajak teman teman nongkrong di rumah. Terkadang bingung mau duduk duduk dimana, karena kalau ngobrolnya di ruang tamu terasa tidak leluasa.

Nah, kalau kalian merasakan seperti itu. Sepertinya bisa juga kalau kalian membuat bangku minimalis sendiri di halaman rumah. Sekalian mengisi waktu waktu kosong.

3. Pajangan Dinding Unik

Contoh Kerajinan Kayu

Pajangan dinding unik ini juga bisa kalian buat sendiri di rumah dengan bahan bahan kayu bekas.

Untuk modelnya terserah kalian, kalau digambar ini kan saya contohkan jenis perahu untuk dekorasi dinding rumah.

Kalian juga bisa membuatnya dengan ide ide kreatif kalian masing masing. Dan bisa saja dimulai dengan mencoba coba akhirnya bisa dijadikan usaha kecil kecilan.

4. Pot Kayu Unik

Contoh Kerajinan Kayu

Pot Kayu unik berbentuk sederhana ini juga salah satu kerajinan tangan dari bahan kayu bekas, meskipun dari bahan kayu bekas pot kayu ini juga bisa menghiasi halaman rumah kalian.

5. Gantungan Baju yang Unik

Contoh Kerajjinan Kayu

Bisa kalian lihat contoh kerajinan kayu bekas ini juga terlihat sangat kreatif dan unik. Untuk membuat kerajinan ini sepertinya kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan bahannya.

Bahan yang digunakan cukup dengan memakai bahan kayu bekas dan gantungan bekas. Mudah dan irit kan?

Gantungan baju unik ini juga terlihat sangat lucu dan keren. Bisa lah kalian membuatnya juga.

Penutupan

Wah, ternyata keren juga ya kerajinan tangan dari kayu bekas. Tapi itu hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak kerajinan kayu.

Coba kalian buka juga konten konten yang lain di dalam blog ini, pasti kalian banyak menemukan hal hal baru yang bisa kalian kembangkan.

Sudah capek nih saya ngetik. Sudah dulu yah.

2 Comments

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Saya Mau Pesan Gazebo.