Cara Membuat Bonsai Simpel Bagi Pemula Dijamin Berhasil

Halo kaum rebahan, dari pada di rumah tidak ngapa-ngapain, mendingan kita belajar sesuatu yuk. Sesuatu apaan nih? Kalau cuman gerak-gerak doang mah olahraga juga bisa. Ehh bukan itu kawan, kita akan belajar membuat sesuatu yang simpel namun berguna. Yaitu cara membuat bonsai.

Cara Membuat Bonsai
Contoh bonsai yang sangat indah

Dari pada lama-lama openingnya, hayuk kita langsung saja intip, bagaimana sih cara membuatnya yang simpel bagi para pemula?

Kenapa Harus Bonsai?

Menjadi trending topik di beberapa pekan yang lalu, tanaman bonsai cukup ramai dibicarakan orang. Mulai dari kalangan menengah ke bawah dahkan menengah ke atas. Sampai sekarang, popularitas nya nampak masih stabil dan tak pernah redup.

Dengan kata lain, membikin bonsai merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk kita semua kawan. Di samping itu, karena beragam bentuk dan keunikannya maka harga yang bisa kita tawarkan juga bisa bervariasi.

Ingat, semua itu juga membutuhkan proses kawan, tidak secara instan kita bisa menikmati hasilnya. Tapi di sini kita akan pelajari teknik bagi pemula kok. Jadi sans saja. Pertama, yang harus kita pahami yaitu:

Memilih Tanaman yang Tepat

Menanam tanaman ini juga juga hampir sama dengan menanam tanaman biasa kok. Metode nya juga banyak yang sama. Seperti, mencangkok, stek, okulasi, dan enten. Tapi bukan berarti semua tanaman itu bisa dibikin bonsai kawan.

Sebelum mencari langkah-langkah membuat bonsai, hal yang perlu kamu perhatikan yaitu memahami kriterianya dulu. Kriteria yang dimaksud di sini yaitu kriteria tanamannya kawan. Seperti yang kita singgung di atas bahwa tidak sembarangan tanaman bisa kita jadikan bonsai.

Beberapa contoh tanaman yang bisa kita jadikan yaitu tanaman yang memiliki usia-usia panjang kawan. Selain usia yang panjang, kita juga harus memilih tanaman yang berjenis dikotil. Yakni seperti halnya adalah pohon serut.

Ada juga cara membuatnya dengan cara melibatkan kawat, minim nutrisi, dan berada di dalam wadah atau pot yang kecil namun memiliki rentan waktu yang sangat lama. Hal yang terakhir dalam memilah yaitu pemilihan tanaman dengan bentuk yang indah.

Ciri-ciri tanaman yang indah jika dibuat yaitu seperti memiliki daun yang rindang, batang yang unik, atau bisa juga bunga yang cantik.

Memelihara Bonsai

Perawatan bonsai
Bonsai yang dirawat hingga indah hasilnya

Jika kita sudah selesai memilah jenis yang cocok dan sudah kita pastikan, maka langkah selanjutnya yaitu menanam dan memeliharanya. Kalian bisa langsung mempraktekan kawan, yang pertama siapkan pot mini dan batang yang sudah kita pilih.

Lalu, harus kita pastikan dahulu bahwasannya, lapisan atas media yang kita tanami harus subur. Tak lupa juga harus gembur, tapi tidak boleh melebihi 35 cm kawan. Next, langkah selanjutnya yaitu harus memastikan bahwa lapisan keduanya bersifat lunak.

Lunak saja tidak cukup bro, pastikan juga mampu menyalurkan air dengan baik. Lapisan yang terakhir kita kasih bebatuan atau batu hias yang bisa menyerap air dengan baik juga.

Dalam tahap penanaman ini. pastikan kelembaban nya terjaga. Agar media tanam tetap tumbuh dengan subur dan akar juga tidak busuk. Penyakit yang mudah menyerang tanaman ini yaitu cacing dan serangga. Maka kita juga harus  lebih memperhatikan pertumbuhannya.

Bagaimana caranya menjaga tanaman dari serangan hama? Yaitu dengan menyaring media tanam kawan. Langkah terakhir dalam proses perawatan yaitu letakkan pot bonsai di tempat yang teduh dan tidak banyak angin.

Jauhkan juga dari hewan peliharaan kita seperti kucing, anjing bahkan ayam hehe barabe kalau sudah dirusak mereka. Saat kita ingin menambahkan air ke dalam pot, kalau bisa memakai alat semprot. Supaya airnya terkontrol kawan.

Cara Membuat Tanaman Bonsai Sesuai Keinginan

Semua akan terasa mudah jika kita bekerja dengan ekstra kawan. Karena, pada dasarnya membuat bonsai dengan bentuk sesuai keinginan kita itu sangatlah sulit. Langkah ini bisa kita lakukan saat batang bonsai sudah tumbuh dengan kuat.

Ambil rafia atau kawat juga bisa. Gunakan alat lain seperti gunting dahan, pisau khusus, dan tang juga gapapa. Pertama potong bagian ranting yang kita inginkan. Ikatkan ranting lain dengan kawat yang sudah kita siapkan tadi dan kita arahkan sesuai keinginan kita.

Konsep ini mirip kok dengan kita menanam tanaman rambat di kebun. Yaitu dengan mengarahkan ke tiang-tiang yang sudah kita siapkan. Pemakaian kawat dengan benar akan membantu kita agar ukuran tanaman tetap mungil.

Penyempurnaan

Kita membutuhkan bertahun-tahun agar mendapatkan bentuk bonsai yang sempurna. Penyempurnaan ini bisa kita nilai dari bentuk yang seimbang mulai dari batang, akar, daun, bahkan sampai buah dan bunganya sekalipun. Faktor penyempurnaan ini dihasilkan karena pemangkasan yang baik, dan pemetikan titik tumbuh

Bekas pemangkasan kita tutup menggunakan paraffin kawan, agar tampilannya tetap anggun, indah, dan sempurna. Baik kawan, mungkin demikian langkah penanaman dan perawatan tumbuhan bonsai.

Cara Membuat Pot Bonsai Unik

pot bonsai sederhana

Hal yang tidak kalah penting dari pembahasan kita kali ini yaitu membuat pot bonsai sendiri. Daripada kita beli dengan mengeluarkan biaya dan ongkir, setidaknya bisa kita gunakan buat kebutuhan lainnya.

Pot ini bisa berupa berbahan plastik, kayu, kaca, atau lainnya. Asalkan jangan berbahan logam, karena bahan logam akan mudah berkarat jika digunakan sebagai bahan dasar pot. Untuk pot yang recomended yaitu seperti berbahan kayu. Selain kita berkreasi membuat bonsai, kita juga dapat membuat kerajinan tangan dari kayu.

Alat dan Bahan

Kita akan mengambil contoh pot dari bahan plastik kawan. Karena selain kayu, pot plastik ini juga pot yang sederhana dan mudah pengerjaannya. Bahan yang disiapkan

  • Botol bekas
  • Gunting
  • Cat
  • Paku
  • Lilin dan lainnya.

Langkah-langkah

  1. Ambil botol minuman bekas, usahakan cari bentuk yang unik.
  2. Gunting sesuai bentuk yang kita inginkan. Gunting dengan rapi dan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal kawan.
  3. Nyalakan lilin dan panaskan paku dengan api lilin tersebut.
  4. Lubangi beberapa bagian botol plastik dengan kecil-kecil dan tidak usah banyak-banyak. Ini berfungsi agar saat kita menyiram air ke dalam pot airnya tidak menggenang.
  5. Terakhir hias pot dengan cat yang sudah kita siapkan. Cat sesuka hati kalian. Silahkan mencoba 🙂

Jenis Apa Saja yang Bisa Kita Buat Bonsai?

Sedikit menyinggung beberapa paragraf di awal tadi kawan. Saya tegaskan sekali lagi bahwa tidak semua tanaman bisa kita jadikan bonsai. Lalu apa saja yang cocok? Terus pelototin sampai akhir bosku!

Cara Membuat Bonsai Kelapa Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa sederhana yang bikin mata meleleh

Apakah kalian masih semangat para pecinta tanaman? Harus semangat hehe. Varian bonsai sangat banyak kawan. Nah, jenis yang satu ini juga tidak kalah menarik. Bahkan peminatnya pun sangat banyak di Indonesia bahkan sampai di rumah-rumah pribadi pun banyak yang buat.

Mempunyai peminat yang banyak karena memang bentuk yang unik, ditambah proses yang mudah dan hasil yang memuaskan.

Biasanya terdapat tiga jenis kelapa yang bisa kita jadikan tanaman bonsai. Antara lain Kelapa Gading Merah, Gading Susu, dan Kelapa Albino. Uniknya lagi, ketiga kelapa ini juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Kelapa Gading Merah

Sesuai dengan namanya kawan. Kelapa ini mempunyai warna merah agak kekuning-kuningan. Hal yang harus diingat untuk membuatnya yaitu perawatan yang cukup merepotkan. Kenapa kok repot? Karena kita harus mempertahankan warna merahnya tersebut. Dan, kelapa jenis ini memerlukan banyak pupuk, jadi boros biaya.

Kelapa Gading Susu

Sangat berkebalikan dengan gading merah. Jikalau tadi berwarna merah kekuning-kuningan, maka kelapa yang satu ini memiliki warna putih seperti susu. Warna ini sangat khas dengan warna daerah subtropis. Pohon ini juga bisa menjadi pengganti pohon palem di rumah sendiri.

Kelapa Albino

Kelapa jenis ini merupakan jenis kelapa yang sangat unik, karena mempunyai warna yang pucat. Yaitu warnanya putih tidak pucat lebih putih dari kelapa susu.

Cara Bonsai Beringin Dolar

Bonsai beringin dolar

Ada beberapa jenis dengan ciri yang berbeda-beda setiap tanaman bonsai. Disebut dengan Bonsai Ficus dalam bahasa latin, jenis ini termasuk kategori yang banyak peminatnya. Dengan bentuk yang unik, jenis ini sangat cocok diletakkan di depan maupun di belakang rumah.

Dibandrol dengan harga yang sangat mahal, mengingat proses pembuatan yang cukup rumit dan perawatan yang tidak mudah. Jalan alternatif yang bisa kita lakukan agar tidak terlalu lama menunggu prosesnya, yaitu dengan menyambung dengan beringin jenis lain.

Beringin Korea dan Di Atas Batu

pohon bonsai korea

Jenis di atas batu memiliki kesan kealamian yang sangat khas. Tak hanya itu, bentuk yang dihasilkan juga sangat alami, indah, dan ringkas.

Sedangkan yang jenis Beringin Korea, jika kita lihat dari bentuknya saja sudah sangat berbeda dengan yang lainnya. Memiliki daun yang berbentuk oval, dan agak tebal membuat daunnya terlihat mengkilap.

Cara Membuat Bonsai Kamboja Jepang

Bonsai Kamboja Jepang

Adenium merupakan sebutan dari jenis yang satu ini. Tanaman ini juga sangat umum buat tanaman hias seperti ini kawan. Tergolong bonsai yang mudah dalam perawatannya. Yaitu cukup dengan letakkan di tempat yang memiliki intensitas cahaya yang cukup.

Terlebih, Kamboja Jepang juga tidak terlalu suka dengan pot air yang terlalu basah. Dengan ini, kita tidak harus rutin untuk menyiramnya. Saat tanaman ini berbunga, akan terlihat sangat cantik, karena pohon yang didominasi oleh bunga-bunga.

Cara Membuat Bonsai Aquascape

Bonsai Aquascape

Aquascape memang paling mudah untuk mendesain nya, karena kita bisa sesuai keinginan hati kita untuk membentuknya. Salah satunya dengan membuat desain berbentuk bonsai.

Untuk membuatnya pun juga sangat mudah kok prosesnya. Cukup dengan beberapa bahan berikut:

  • Batu
  • Lem G
  • Akar Kayu
  • Gunting Ranting
  • Serbuk kopi
  • Filter Rokok
  • Moss

Untuk membuatnya, bisa kita lihat caranya di atas sudah kita bahas tadi, tinggal kita rakit ranting dan akarnya. Jangan lupa untuk menambahkan filter rokok pada sambungannya. Tujuannya agar lem yang kita gunakan menjadi sangat kuat.

Untuk perawatannya cukup dengan kita letakkan di tempat dengan suhu yang ideal. Jika kita memakai moss, usahakan suhu harus di bawah 26 derajat celcius. Cara ini dilakukan agar moss cepat menguning dan mati.

Selalu jaga kebersihan di sekitar batang dan potnya. Usahakan pada bagian moss kita tepuk supaya kotorannya mudah terangkat. Kebutuhan terpenting untuk tanaman yaitu karbon dioksida. Tak hanya Co2, namun juga membutuhkan nutrisi dan cahaya layaknya manusia.

Jadi, apakah sudah tertarik untuk membuat bonsai karya kita sendiri? Ayo lakukan hal yang bermanfaat 🙂

One comment

Leave a Reply

Open chat
Halo Admin Saya Mau Pesan Gazebo.